Di Balik Mitos Jumat Tanggal 13

Jika Jumat tanggal 13 adalah hari sial, berarti 2009 merupakan tahun yang luar biasa sial. Jumat tanggal 13 pekan lalu adalah satu dari tiga Jumat yang jatuh tepat pada tanggal 13 sepanjang tahun ini.

Februari lalu, tanggal 13 juga jatuh pada hari Jumat. Jumat tanggal 13 berikutnya pada November mendatang. Jumat tanggal 13 tiga kali dalam setahun adalah kejadian langka yang hanya terjadi 11 tahun sekali.

Asal-muasal mengapa Jumat tanggal 13 dihubungkan dengan kesialan sama sekali tidak jelas. Kemungkinan hal itu mulai terjadi sejak masa Injil, yaitu adanya 13 orang yang hadir dalam peristiwa makan malam terakhir ketika Yudas mengkhianati Yesus. Pada abad pertengahan, baik Jumat maupun 13 dianggap sebagai pembawa nasib buruk. Dalam masa modern, takhayul ini meresap semakin dalam di masyarakat.

Ada lima fakta tentang Friday the 13th, mitos paling populer dalam sains, yaitu:

1.Takut terhadap Jumat tanggal 13 disebut paraskavedekatriaphobia atau juga dikenal dengan friggatriskaidekaphobia. Triskaidekaphobia adalah takut pada angka 13.

2.Banyak rumah sakit tidak memiliki kamar bernomor 13, sedangkan banyak gedung bertingkat menamai lantai ke-13 dengan 12A atau melompatinya menjadi lantai 14. Bahkan, sejumlah terminal bandar udara menghilangkan Gate 13.

3.Presiden Franklin D. Roosevelt tidak akan melakukan perjalanan pada tanggal 13 setiap bulan dan tidak pernah mengundang 13 orang dalam sebuah jamuan makan. Napoleon dan Presiden Herbert Hoover juga penderita triskaidekaphobic, dengan ketakutan yang abnormal terhadap angka 13.

4.Mark Twain pernah menjadi tamu ke-13 dalam sebuah pesta makan malam. Seorang teman memperingatkannya agar dia tidak pergi. “Memang sial,” kata Twain kepada sahabatnya itu setelah menghadiri undangan itu. “Mereka cuma punya makanan untuk 12 orang.” Di Paris, orang yang percaya takhayul dapat menyewa seorang quatorzieme, orang yang berprofesi sebagai tamu ke-14, dalam acara makan malamnya.

5.Menurut ahli numerologi, angka 13 mengalami kesialan karena posisinya setelah 12, sebab 12 dianggap sebagai angka komplet. Angka 12 dapat ditemukan pada 12 bulan dalam setahun, 12 zodiak, 12 dewa Olympus, 12 tugas Hercules, 12 suku Israel, 12 murid Yesus, 12 hari Natal, dan 12 telur dalam satu lusin.

Kepercayaan bahwa angka dapat memainkan peran dalam kehidupan dan benda fisik atau numerologi memiliki sejarah panjang. “Anda bisa menelusurinya sampai pengikut Pythagoras, yang menggambarkan bahwa segala sesuatu yang ada di alam semesta diatur oleh angka,” kata Mario Livio, seorang astrofisikawan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s